post image
KOMENTAR

Perjalanan panjang menuju Jupiter tengah dipersiapkan. Dalam sistem tata surya kita, Jupiter berada pada urutan ke lima dari Matahari, setelah Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Sebelum Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto.

Adalah Airbus yang tengah mempersiapkan perjalanan panjang itu.

Menurut Airbus, konstruksi struktur dalam satelit JUICE yang dimiliki European Space Agency (ESA) telah selesai dilakukan hari Kamis lalu (25/7).

JUICE adalah singkatan dari JUpiter ICy moons Explorer. Dibangun Airbus untuk program Cosmic Vision ESA. Konsorsium dalam program ini terdiri dari 60 negara Eropa.

Tujuan utamanya adalah untuk menginvestigasi potensi bulan Europa, Calisto, dan Ganymede yang merupakan satelit Jupiter, untuk melabuhkan lingkungan yang dapat ditinggali seperti permukaan laut.

JUICE juga akan mengobservasi Jupiter, atmosfir, magnetosfir, dan satelit lain yang ada serta cincin Jupiter.

“JUICE adalah misi large-class pertama dalam program Cosmic Vision kami dan kepentingan utamanya adalah untuk menginvestigasi potensi kemungkinan membentuk habitat di lautan yang ada di luar kita,” uajr Direktur Sains ESA Günther Hasinger.

“Kami dengan senang hati mengkonfirmasi ia (JUICE) akan terbang bersama peluncuran Ariane yang diatur untuk memenuhi tujuan saintifik di sistem Jupiter,” tambahnya.

Peluncuran JUICE menggunakan Ariane direncanakan pada tahun 2022. JUICE diperkirakan akan tiba di Jupiter pada tahun 2027. Sebuah perjalanan yang sangat panjang meliputi 600 juta kilometer di luar angkasa.

Ariane yang akan digunakan untuk meluncurkan JUICE diperkenalkan dalam Paris Show bulan Juni lalu.


Brunei Dukung Program Antariksa India, Keamanan LCS Dibicarakan di Singapura

Sebelumnya

CAS Space Siap Luncurkan Lijian-2

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Tech