post image
Kondisi Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta yang penuh sesak dengan penumpang/Net
KOMENTAR

Penerapan aturan <i>social distancing</i> atau jarak sosial tidak tercermin dari kondisi di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta pada pagi ini.

Pengamat penerbangan, Alvin Lie mengungkapkan situasi di Bandara Soekarno Hatta pada Kamis (14/5) penuh sesak oleh penumpang. Kondisi tersebut ia katakan tidak sesuai dengan aturan Permenhub 18/2020 tentang  Pengendalian Transportasi dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

"Hororrrr, social distancing opooo iki," ujar Alvin kepada <i>Zona Terbang</i> melalui pesan singkat.

"Antriannya <i>all the way</i> dari Gate 4 ke 5," lanjut anggota Ombudsman tersebut menceritakan pengalamannya.

Menurut Alvin, karena terlalu penuh dengan penumpang, ia sulit melihat ke depan dan harus mengantre hingga 55 menit. Kondisi tersebut juga diperparah dengan tidak adanya AC.

"Waktu yang dibutuhkan dari bandara ke ruang tunggu boarding pass sampai 2 jam 33 menit," ungkapnya.

Berdasarkan data dari pihak bandara, pada hari ini, totalnya ada 17 berangkatan dan 16 kedatangan. Di mana Batik Air sendiri, dikatakan Alvin memiliki lima destinasi penerbangan, yaitu Surabaya, Malang, Medan, Padang, Semarang.

"Gila tuh ID. Total abai Permehub 18/2020," ujar Alvin merujuk pada banyaknya keberangkatan.

Berdasarkan Permenhub 18/2020, Alvin menjelaskan, maskapai hanya diperbolehkan untuk mengangkut maksimal 50 persen dari kapasitas pesawat.

Alvin juga menegaskan, jika kondisi tersebut tidak ditindaklanjuti, maka Ombudsman akan ikut turun tangan.

"Kalau tidak ada sanksi Ombudsman pasti turun tangan," pungkasnya.


Kini Garuda Indonesia Dipimpin Wamildan Tsani

Sebelumnya

Prediksi Airbus: Asia-Pasifik Butuh 19.500 Pesawat Baru Tahun 2043

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel AviaNews