post image
KOMENTAR

Produsen pesawat Boeing sedang menguji tiga lusin teknologi pada program ecoDemonstrator yang berfokus pada penguatan efisiensi operasional dan keberlanjutan di interior kabin, salah satu bagian tersulit dalam mendaur ulang pesawat terbang. Perusahaan akan mulai menguji bulan ini menggunakan 777-200ER (Extend Range).

Proyek ecoDemonstrator Boeing meliputi:

Pengoperasian bandara: Pengujian untuk mengaktifkan izin taksi bermesin tunggal dan taksi digital untuk mengurangi penggunaan bahan bakar dan meningkatkan keselamatan dengan mengurangi beban kerja pilot

Kebisingan bandara: Mengukur manfaat prosedur operasi penerbangan, seperti kemiringan luncuran yang lebih curam dan pendekatan penurunan yang berkelanjutan, untuk mengurangi kebisingan komunitas, penggunaan bahan bakar, dan emisi

Bahan pengurang limbah: Penutup lantai yang lebih ringan, dapat didaur ulang, dan lebih tahan lama serta panel langit-langit serat karbon daur ulang – keduanya dibuat dengan 25% resin berbasis bio

Pengurangan kebisingan dan berat: Insulasi kabin untuk mengurangi kebisingan dan mengatur kelembapan dan suhu dengan lebih baik, serta panel akustik berlapis kain untuk sekat dan dapur

Konsep kabin masa depan: Kursi kelas ekonomi dan bisnis dengan sensor yang mendeteksi jika seseorang duduk saat taksi, lepas landas, dan mendarat yang dapat meningkatkan keselamatan, serta mengurangi beban kerja kru dan waktu henti untuk pemeliharaan; toilet konservasi air tanpa sentuhan; dan teknologi dapur untuk membuat layanan kabin lebih efisien dan mengurangi limbah makanan

“Program ecoDemonstrator Boeing membantu kami melakukan perbaikan nyata terhadap produk kami – memungkinkan kami mengurangi dampak penerbangan terhadap lingkungan, meningkatkan pengalaman dalam penerbangan, dan memperkuat keselamatan pesawat kami,” kata Stephanie Pope, presiden dan CEO Boeing Commercial Airplanes.

“Kami berterima kasih atas banyaknya kemitraan dalam bidang penerbangan dan bidang lainnya yang membantu kami mengubah hal yang tampaknya mustahil menjadi kenyataan.”

“Program ecoDemonstrator adalah salah satu program demonstrasi penerbangan paling ikonik kami, yang telah menguji 250 teknologi sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2012,” kata Brian Moran, Chief Sustainability Officer Boeing.

“Pengujian berbagai interior kabin tahun ini bertujuan untuk membantu mengatasi bagian pesawat kami yang tidak dapat digunakan kembali atau didaur ulang sekaligus mengurangi penggunaan bahan bakar dan beban kerja awak.”

Empat teknologi kabin akan ditampilkan pada Aircraft Interiors Expo 2024 di Hamburg, Jerman pada 22-24 Mei. Sejak penerbangan pertamanya pada tahun 2012, hampir semua platform program ecoDemonstrator Boeing telah menggunakan bahan bakar penerbangan berkelanjutan (SAF), dan tahun ini, pesawat andalannya akan terbang dengan campuran 30/70 antara SAF dan bahan bakar jet konvensional.

Sebagai perusahaan kedirgantaraan global terkemuka, Boeing mengembangkan, memproduksi dan melayani pesawat komersial, produk pertahanan, dan sistem luar angkasa untuk pelanggan di lebih dari 150 negara. Sebagai eksportir utama AS, perusahaan ini memanfaatkan talenta dari basis pemasok global untuk memajukan peluang ekonomi, keberlanjutan, dan dampak terhadap masyarakat.

Tim Boeing yang beragam berkomitmen untuk berinovasi demi masa depan, memimpin dengan keberlanjutan, dan menumbuhkan budaya berdasarkan nilai-nilai inti perusahaan yaitu keselamatan, kualitas, dan integritas.


Kini Garuda Indonesia Dipimpin Wamildan Tsani

Sebelumnya

Prediksi Airbus: Asia-Pasifik Butuh 19.500 Pesawat Baru Tahun 2043

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel AviaNews