post image
Ketua KASA Yoon Young-bin (tengah)./Yonhap
KOMENTAR

Korea Selatan menyusul dua negara Asia lain yang sudah lebih dahulu menjelajah angkasa luas, India dan China. Korea AeroSpace Administration (KASA) yang dipersiapkan sejak beberapa tahun terakhir mulai beroperasi Senin (27/5).

Yonhap melaporkan, KASA memiliki fokus pada pembinaan perusahaan lokal yang dapat memainkan peran kunci dalam proyek pengembangan ruang angkasa, dan membantu negara tersebut mengembangkan industri luar angkasa dan ekonomi luar angkasa tingkat global.

“Sampai saat ini, proyek pengembangan luar angkasa di negara ini dipimpin oleh pemerintah. Peran paling penting dari badan antariksa adalah mendukung sektor swasta untuk memimpin pengembangan ruang angkasa,” ujar Ketua KASA Yoon Young-bin.

Dia menggarisbawahi perkembangan pesat riset dan industri angkasa luar yang menurutnya memasuki era baru di mana perusahaan swasta secara aktif memimpin inovasi dalam teknologi luar angkasa dengan kelayakan ekonomi yang lebih besar.

“Paradigma global sedang berubah,” kata Yoon, seraya mencatat bahwa perusahaan luar angkasa ternama, seperti SpaceX, telah mengembangkan roket luar angkasa yang dapat digunakan kembali dan meluncurkan sekelompok satelit kecil dengan kemampuan serupa dengan satelit berukuran sedang dan besar.

KASA berada di Sacheon, sekitar 300 kilometer selatan Seoul.

Badan yang beranggotakan 293 orang ini akan memimpin program luar angkasa negara tersebut, seperti eksplorasi bulan dan Mars, serta meningkatkan daya saing perusahaan-perusahaan Korea dalam industri luar angkasa global.

Dua tahun lalu, pemerintah Korea mengumumkan rencananya untuk mendaratkan pesawat luar angkasa buatan dalam negeri di bulan pada tahun 2032 dan Mars pada tahun 2045 sebagai bagian dari upaya untuk menjadi salah satu dari lima kekuatan antariksa global.

Korea termasuk negara yang terlambat dalam industri yang sangat maju tetapi saat ini dianggap sebagai kekuatan luar angkasa terkuat ketujuh setelah berhasil mengembangkan roket luar angkasa Nuri seberat 200 ton dalam beberapa tahun terakhir.

Negara ini juga berencana untuk mengembangkan roket generasi berikutnya, bernama KSLV-III, dan melakukan tiga peluncuran pada tahun 2030, 2031, dan 2032, dengan peluncuran ketiga yang membawa pesawat ruang angkasa ke bulan.

Para ahli di dalam dan luar negeri menyambut baik pembentukan KASA, dan berharap badan tersebut dapat membantu Korea membuat lompatan signifikan di sektor luar angkasa dan berpartisipasi lebih banyak dalam proyek penelitian kerjasama internasional.

“Sulit untuk memiliki daya saing internasional dalam industri luar angkasa tanpa pengembangan teknologi di berbagai bidang terkait,” kata Kim Seung-jo, mantan kepala Korea Aerospace Research Institute.

“Tetapi Korea memiliki tingkat teknologi mutakhir terbaik di dunia dalam sebagian besar bidangnya,” sambungnya.

Dia meminta KASA untuk menetapkan tujuan berorientasi masa depan untuk proyek luar angkasa yang membutuhkan kesabaran dan semangat dari perspektif jangka panjang.

Awal bulan ini, para pejabat NASA juga menyatakan harapannya untuk memperluas kerja sama luar angkasa dengan Seoul setelah berdirinya KASA, yang menggarisbawahi pentingnya keahlian Korea untuk proyek luar angkasa internasional.

Mereka pun berpesan kepada KASA untuk “belajar” dari kegagalan.

Untuk memanfaatkan keahlian dan pengalaman dari kekuatan luar angkasa terbesar di dunia, KASA telah menunjuk John Lee, pensiunan eksekutif senior NASA, sebagai wakil administrator yang bertanggung jawab atas misi dan kebijakan luar angkasa, posisi tertinggi kedua di lembaga baru tersebut.

John Lee mengatakan dia akan berupaya untuk menyesuaikan kekuatan badan antariksa AS dengan KASA dalam konteks Korea dan menyelaraskan proyek luar angkasa Korea dengan standar internasional.

Sementara itu, industri antariksa lokal menyuarakan harapannya terhadap KASA, memintanya untuk memberikan dukungan yang lebih konsisten kepada perusahaan-perusahaan besar dan kecil, dan memfasilitasi partisipasi mereka dalam proyek-proyek luar angkasa internasional.

“Proyek luar angkasa di negara ini selama ini dipusatkan pada pemerintah dan perusahaan-perusahaan besar, namun saya berharap KASA juga dapat mendukung perusahaan-perusahaan berukuran kecil yang selama ini terabaikan,” kata Park Jae-pil, pendiri startup luar angkasa Nara Space.

“Ada banyak perusahaan Korea yang memiliki teknologi luar angkasa yang dapat berkontribusi pada proyek internasional, dan saya yakin KASA akan membuka saluran untuk itu,” tambahnya.

KASA bertujuan untuk membina lebih dari 2.000 perusahaan terkait ruang angkasa dan menciptakan sekitar 500.000 lapangan kerja baru di bidang tersebut.


Brunei Dukung Program Antariksa India, Keamanan LCS Dibicarakan di Singapura

Sebelumnya

CAS Space Siap Luncurkan Lijian-2

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Tech