post image
KOMENTAR

Japan Airlines (JAL) telah menandatangani kontrak pemesanan (firm order) dengan Airbus untuk 20 pesawat berbadan lebar A350-900 dan 11 pesawat lorong tunggal A321neo, memfinalkan komitmen yang telah diumumkan sebelumnya pada awal tahun ini.

Pesanan tersebut diumumkan di Farnborough Air Show 2024 dalam upacara penandatanganan yang dihadiri oleh Yukio Nakagawa, Executive Officer and Senior Vice President Procurement of Japan Airlines, dan Christian Scherer, Chief Executive Officer of Airbus Commercial Aircraft business.

A350-900 yang baru akan bergabung dengan armada A350 JAL yang melayani rute internasional, sementara A321neo akan beroperasi pada layanan domestik di Jepang. Hingga saat ini, JAL telah memesan total 52 pesawat A350, dengan 18 di antaranya telah beroperasi. Kontrak A321neo merupakan pesanan pertama JAL untuk lini produk lorong tunggal Airbus.

Executive Officer and Senior Vice President Procurement of Japan Airlines Yukio Nakagawa mengatakan, “Kami sangat senang karena telah menandatangani kontrak pemesanan untuk memperkenalkan A350 tambahan dan A321 baru. Kami akan mempercepat pengoperasian pesawat yang canggih dan hemat bahan bakar ini untuk memberikan layanan yang sangat baik kepada para penumpang kami dan untuk mengurangi emisi CO₂. Kami percaya bahwa penambahan pesawat Airbus ini akan semakin mempererat kemitraan kami.”

Chief Executive Officer of the Commercial Aircraft business, Airbus, Christian Scherer mengatakan, “Kami berterima kasih kepada Japan Airlines yang telah menaruh kepercayaan sekali lagi pada A350. Selain itu, kami juga menyambut baik pencapaian baru dalam kemitraan kami dengan maskapai ini yang datang dalam bentuk pemesanan A321neo. Kami berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh kepada Japan Airlines seiring dengan pertumbuhan armadanya yang semakin banyak digunakan di lebih banyak rute di seluruh jaringannya, baik di dalam maupun luar negeri.”

A350 adalah pesawat berbadan lebar paling modern dan efisien di dunia serta unggul dalam kategori pesawat jarak jauh berkapasitas 300-410 kursi. Desain terbaru A350 mencakup teknologi dan aerodinamika mutakhir yang menghadirkan standar efisiensi dan kenyamanan tak tertandingi. Hingga akhir Juni 2024, Keluarga A350 telah memenangkan lebih dari 1.300 firm order dari 60 pelanggan di seluruh dunia, menjadikannya salah satu pesawat berbadan lebar tersukses yang pernah ada.

A321neo merupakan anggota terbesar dari Keluarga A320neo Airbus, menawarkan jangkauan dan kinerja yang tak tertandingi. Dengan menggunakan mesin generasi baru dan Sharklets, A321neo menghadirkan pengurangan kebisingan sebesar 50% dan penghematan bahan bakar lebih dari 20% serta pengurangan emisi CO₂ dibandingkan dengan pesawat berlorong tunggal generasi sebelumnya, sekaligus memaksimalkan kenyamanan penumpang dengan kabin berlorong tunggal terluas di angkasa. Hingga saat ini, lebih dari 6.400 A321neo telah dipesan oleh lebih dari 90 pelanggan di seluruh dunia.

Seperti halnya semua pesawat Airbus, pesawat A350 sudah dapat beroperasi dengan bahan bakar penerbangan berkelanjutan (Sustainable Aviation Fuel/SAF) hingga 50%. Airbus menargetkan pesawatnya dapat menggunakan hingga 100% SAF pada tahun 2030.


Japan Airlines tanda tangani kontrak A350 Virtual Procedure Trainer

Sebelumnya

ICAO: Keamanan Penerbangan Indonesia Di Atas Rata-rata Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel AviaNews