post image
KOMENTAR

Sejak tahun 1950, Amerika Serikat kehilangan sedikitnya tiga bom nuklir. Hal ini pernah dilaporkan BBC tahun 2022 lalu. Ketiga bom nuklir ituberada di suatu tempat yang tidak diketahui dan pihak militer telah menyerah untuk mencarinya.

Menurut Simple Flying, sejak 1950 sedikitnya telah terjadi 32 kecelakaan “broken arrow” yang dialami Angkatan Bersenjata AS. Insiden broken arrow ini terjadi ketika sebuah pesawat membuang bom nuklir dalam keadaan darurat atau karena kesalahan, atau pesawat yang membawanya jatuh.

Masa yang buruk bagi senjata nuklir adalah pada puncak Perang Dingin antara tahun 1960 dan 1968 ketika Operasi Chrome Dome membuat pesawat bersenjata nuklir tetap berada di udara setiap saat.

Pada bulan Januari 1966, sebuah pesawat pengebom B-52G yang membawa empat bom termonuklir B28 bertabrakan di udara dengan sebuah tanker KC-135 di atas Palomares, Spanyol. Tiga bom yang jatuh di daratan segera ditemukan, tetapi satu jatuh ke Laut Mediterania. Namun, bom dengan hulu ledak 1,1 megaton ini akhirnya ditemukan oleh kapal selam robotik.

Namun, Angkatan Udara tidak selalu seberuntung itu, dan bom tidak selalu ditemukan.

Boeing B-52 Stratofortress
Pertama kali terbang: 1952
Rencana pensiun: setidaknya tahun 2050-an
Jumlah yang dibuat: 744
Jumlah yang masih beroperasi: 72
Peran: Pembom strategis

Terkadang, hanya karena keberuntungan semata bom nuklir tidak meledak dalam kecelakaan. Pada tahun 1961, sebuah B-52 hancur di atas Goldsboro, Carolina Utara, dan menjatuhkan dua bom nuklir. Meskipun satu bom sebagian besar tidak rusak, penyelidikan menemukan bahwa tiga dari empat pengaman pada bom lainnya telah gagal.

Kebetulan, pesawat pengebom B-52H tetap menjadi salah satu dari tiga pesawat pengebom nuklir strategis Angkatan Udara AS, dan Kongres ingin memulihkan lebih banyak lagi pesawat tersebut untuk membawa senjata nuklir lagi.

Tupolev Tu-95LAL menyelesaikan sekitar 40 penerbangan, tetapi tidak satu pun di antaranya menggunakan reaktor nuklir sebagai tenaga penggerak pesawat.

Tiga bom nuklir Amerika yang jatuh

Bom termonuklir Mark 15
Tanggal: Februari 1958
Lokasi: Pulau Tybee, Georgia
Catatan: Dibuang untuk mencegah jatuh

Bom termonuklir B43
Tanggal: Desember 1965
Lokasi: Laut Filipina
Catatan: Pesawat pengebom dan nuklirnya jatuh dari sisi kapal

Bom termonuklir B28F1
Tanggal: Mei 1968
Lokasi: Pangkalan Udara Thule, Greenland
Catatan: Pesawat jatuh

Tabrakan di udara Pulau Tybee

Pada tanggal 5 Februari 1958, sebuah pesawat tempur F-86 bertabrakan dengan pesawat pengebom B-47 yang membawa bom nuklir Mark 15 seberat 7.600 pon. Bom tersebut kemudian dibuang untuk membantu mencegah B-47 jatuh dan bom meledak. Bom tersebut jatuh di sekitar Pulau Tybee dekat Savannah, Georgia. Setelah sejumlah pencarian yang tidak berhasil, bom tersebut akhirnya dinyatakan hilang di Wassaw Sound, dan menurut pemahaman semua orang, bom tersebut masih ada di sana hingga hari ini.

Kecelakaan A-4 di Laut Filipina

Pada tahun 1965, sebuah pesawat serang Douglas A-4E Skyhawk milik Angkatan Laut AS dipersenjatai dengan senjata nuklir ketika jatuh dari kapal induk kelas Essex, USS Ticonderoga. Peristiwa ini terjadi sekitar 68 mil dari Pulau Kikai Jepang di dekat Okinawa. Pesawat, pilot, dan bom termonuklir B43 tidak pernah ditemukan (meskipun pencarian telah dilakukan selama 10 minggu) dan masih berada di kedalaman laut hingga saat ini. Pilotnya adalah Letnan Douglas M. Webster dan kedalaman lautnya sekitar 16.000 kaki.

Kecelakaan di Pangkalan Udara Thule

Kerugian nuklir ketiga yang diketahui terjadi pada bulan Januari 1968 ketika sebuah pesawat pengebom B-52 AS yang membawa empat bom termonuklir B28FI jatuh. Kebakaran kabin memaksa awak pesawat untuk meninggalkannya sebelum mereka dapat melakukan pendaratan darurat di Pangkalan Udara Thule. Enam dari tujuh awak berhasil melontarkan diri dengan selamat, sementara yang ketujuh tewas saat mencoba melompat keluar.

Tanpa pilot, pesawat pengebom zombi itu menabrak es laut di North Star Bar, Greenland; kecelakaan itu memicu ledakan konvensional yang menyebabkan muatan nuklir pecah dan tersebar (area itu terkontaminasi radioaktif). Setelah upaya pembersihan besar-besaran oleh Denmark-Amerika, satu tahap sekunder dari salah satu hulu ledak tidak pernah ditemukan.

B-52 telah menjadi andalan pesawat pengebom strategis AS selama tujuh dekade. Alasan utama mengapa pesawat ini bertahan lama adalah keserbagunaannya.

Kehilangan bom nuklir negara lain?

Jika Anda merasa gelisah karena mengetahui ada tiga bom nuklir Amerika yang diketahui di luar sana, pikirkanlah bahwa yang diketahui publik semuanya milik Amerika. Inggris, Prancis, Pakistan, India, Tiongkok, dan kemungkinan Korea Utara dan Israel semuanya memiliki senjata nuklir, negara-negara ini bisa saja kehilangan bom nuklir dan tidak pernah mengungkapkannya.

Namun yang paling menakutkan adalah milik Soviet dan, kemudian, Rusia. Uni Soviet dan Rusia telah mengalami banyak kecelakaan nuklir, mulai dari bencana pembangkit listrik tenaga nuklir Chornobyl hingga pelelehan awal kapal selam K-9 hingga ledakan Kursk di kemudian hari. Yang diketahui tentang hilangnya senjata nuklir Soviet/Rusia hanyalah yang hilang pada sedikitnya tiga kapal selam (K-8, K-129, dan K-278).


Ini 5 Pesawat Mata-mata Canggih di Era Perang Dingin

Sebelumnya

Selama Ini Diselimuti Adat, Bangkai Pesawat Eks Perang Dunia Kedua Ditemukan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Histoire