post image
Suasana pemeriksaan ulang barang bawaan penumpang pesawat Qantas QF40 jurusan Jakarta-Melbourne di Terminal 3 Soekarno Hatta, Minggu (1/9/24)./Ilham Bintang
KOMENTAR

Oleh: Ilham Bintang, Wartawan Senior

ENTAH berapa belas kali sudah  saya ke Melbourne, Australia dalam 10 tahun terakhir. Tapi baru kali pertama  terbang dengan Qantas ke Melbourne dan merasakan  pengalaman  ini.

Pesawat Qantas QF40 Jakarta-Melbourne, boarding pukul 20.15. Sekitar 45 menit sebelum jadwal  keberangkatan dari Terminal 3 Soekarno Hatta, Minggu (1/9/24) malam. Saya tiba di desk pelayanan boarding pukul 20.30 WIB. Sudah agak sepi. Tinggal beberapa orang saja, termasuk  saya dan istri.

Saya sempat merasa jengah  seperti penumpang terakhir yang sudah ditunggu. Penumpang lain biasanya sebal kalau pesawat tidak terbang tepat waktu atau pintu belum ditutup karena menunggu satu-dua penumpang yang terlambat masuk pesawat.

Selesai "scan barcode" boarding pass, saya bergegas ke dalam, menuju "Garbarata" — jembatan fasilitas bandara yang  menghubungkan ruang tunggu penumpang ke pintu pesawat. Baru beberapa langkah berjalan, ternyata stuck atau kami terjebak kemacetan.  Antrian  mengular panjang, sampai pintu pesawat pun tidak terlihat. Petugas di desk depan menyusul kami. Mereka mengarahkan lewat jalur kiri yang  lengang.

Pintu pesawat sudah tampak mata, tinggal beberapa langkah lagi masuk, ketika beberapa petugas menyetop dan menyilahkan kami menghadap mereka. Di depan, kiri kanan,  tampak petugas sibuk menggeledah koper  kabin bawaan penumpang.

Apa yang terjadi?

"Pemeriksaan ulang, Pak," sahut petugas ketika kami tiba di depannya. "Kami mau periksa koper kabin bapak dan ibu," tambahnya.

Pertanyaan saya tidak terjawab. Saya benar-benar heran. Sungguh ini pengalaman pertama. Seperti disebut di awal, berulang  kali ke Australia, belum pernah mengalami seperti ini.

Saya menoleh ke antrian di jalur kanan, lebih seru. Antrian  masih mengular panjang karena dicegat petugas. Saya membatin, berapa lama pemeriksaan seperti ini dan akan memakan waktu berapa lama? Terutama, seberapa efektif pemeriksaan manual itu bisa menemukan yang dicari?

Jarum jam  bergerak cepat. Sisa  15 menit lagi pesawat take off — menurut jadwal di boarding pass.

"Lho? Apakah  pemeriksaan dengan metal detector tadi tidak cukup?" tanya saya sambil membuka koper  kabin. Padahal, pemeriksaan metal detector tadi bukan hanya barang bawaan, tetapi seluruh badan penumpang.

Tangan petugas terus saja  menggeledah isi koper.

"Tidak cukup Pak. Masih ada yang lolos," kata petugas.

"Barang apa yang lolos," tanya saya lagi, penasaran. Petugas tidak menyahut, tangannya sibuk merogoh-rogoh isi koper kecil.

"Kenapa pakai manual begini? Kenapa tidak pakai metal detector sekalian seperti di bawah tadi," saya makin penasaran.

Pemeriksaan sebelum naik pesawat seperti itu lazim kita alami di bandara Changi, Singapore. Dan, beberapa bandara internasional lainnya. Tetapi pemeriksaan menggunakan metal detector.

"Lebih akurat cara manual, " tegas petugas itu.

Apa yang sebenarnya mau digeledah petugas belum begitu jelas hingga mereka menyilahkan kami memasuki pesawat. Apapun, jelas pemeriksaan itu telah menimbulkan ketidaknyamanan dan ketegangan bagi penumpang. Malah  menimbulkan kecemasan baru. Apakah ada ancaman terorisme? Entahlah.

Setelah duduk di kursi di dalam kabin pesawat, saya mencoba menghubungi Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi yang saya kenal baik, via japri di WA. Saya ceritakan pengalaman tadi. Dalam waktu relatif singkat  beliau merespons cepat. Beliau kirim emoji "Siyaap". Lalu, "Saya belum tahu. Nanti saya cek," tambahnya.

Pesawat Qantas take off tepat waktu. Masih melekat dalam benak gangguan pemeriksaan manual tadi. Pemeriksaannya  terkesan tidak bersungguh-sungguh. Dalam bahasa medsos, seakan hanya mau "ngeprank".

Meja tempat pemeriksaan jauh dari standar, seperti meja yang diadakan secara darurat. Saya memprotes  petugas yang hanya merogoh dengan tangan kosong. Tidak menggunakan peralatan teknologi. Ketika ditanya, enteng saja menjawab, " Lebih akurat dengan cara manual begini". Masalahnya, kita yang tidak percaya cara merogoh -rogoh dengan tangan kosong begitu.

Beruntunglah di dalam penerbangan Jakarta-Melbourne,  saya bisa tertidur pulas. Bahkan tidak  sempat menikmati sarapan yang disediakan.  Saya terbangun  setengah jam sebelum landing. Begitu landing, saya nyalakan ponsel. Ada miscall dari Menteri Budi Karya Sumadi. Disusul WA. Isinya hasil pengecekannya kepada otoritas di bandara yang di forward ke saya.

Intinya berdasarkan informasi dari Manager Qantas, pemeriksaan itu dilakukan terhadap seluruh hand carry penumpang tujuan Australia berdasarkan ketentuan penerbangan Pemerintah Australia (compliance authority rules). Pemeriksaan dilakukan di boarding gate oleh "Security Maskapai".


Dibayangi Aksi Teror, Peluncuran Bandara Gwadar Akhirnya Ditunda

Sebelumnya

Bandara Kasablanka dan Doha Aman dari Microsoft Down

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Airport