post image
U-2 Dragon
KOMENTAR

Tidak banyak yang tahu, di era Perang Dingin, Republik Rakyat China pernah menembak jatuh lima pesawat mata-mata U-2 Dragon yang dikendalikan mata-mata wanita Taiwan.

Seperti disebutkan mantan perwira Pasukan Keamanan Angkatan Udara AS, Christian D. Orr, dalam artikelnya di Simple Flying, menuliskan, sumber informasi utama kisah ini adalah laporan Brad Lendon dan Wayne Chang yang diterbitkan CNN pada 10 Maret 2023.

Lendon dan Chang di dalam laporan mereka menulis:

"Kerugian tersebut belum dilaporkan secara luas seperti yang diharapkan – dan untuk alasan yang bagus. Badan Intelijen Pusat (CIA), yang bertanggung jawab atas semua U-2 Amerika pada saat pesawat tersebut ditembak jatuh, tidak pernah secara resmi menjelaskan apa yang mereka lakukan di sana."

"Yang menambah misteri adalah bahwa pesawat-pesawat itu diterbangkan bukan oleh pilot AS atau di bawah bendera AS, tetapi oleh pilot dari Taiwan yang, dalam paralel yang mencolok dengan kisah balon hari ini, mengaku terlibat dalam inisiatif penelitian cuaca."

Tidak seperti banyak misi Perang Dingin yang telah sepenuhnya dideklasifikasi -- pemerintah Federal AS memiliki aturan umum 25 tahun untuk deklasifikasi otomatis materi sensitif, dan sekarang sudah 32 tahun dan 9 bulan sejak Perang Dingin berakhir -- rincian misi U-2 yang dipiloti Taiwan ini tetap sangat dirahasiakan 50 tahun lebih kemudian.

Hal ini mungkin sebagian disebabkan oleh fakta bahwa pengemudi Dragon Lady adalah penerbang Angkatan Udara Republik China (ROCAF) yang ditugaskan ke “Bagian Pengintaian dan Penelitian Cuaca” sebenarnya mengumpulkan intelijen tentang program rudal nuklir China yang baru lahir, yang menerima bantuan dari Uni Soviet sebelum perpecahan China-Soviet.

Di balik identitas "Bagian Pengintaian dan Penelitian Cuaca" para pahlawan U-2 Taiwan yang pemberani dan tak dikenal ini sebenarnya dikenal sebagai Skuadron Kucing Hitam (Hēimāo Zhōngduì)  atau lebih formalnya, Skuadron ke-35.

Black Cats memulai misi berani mereka pada tahun 1961 -- bertugas di bawah pimpinan Kolonel Lu Xiliang yang kemudian menjadi komandan skuadron terlama di unit tersebut hingga tahun 1974.

Berangkat dari Pangkalan Udara Taoyuan, mereka dilengkapi dengan total 19 badan pesawat U-2, dengan 26 pilot ROCAF berhasil menyelesaikan pelatihan U-2 di AS dan menerbangkan 220 misi operasional selama rentang waktu 14 tahun, dengan sekitar setengah dari misi tersebut terbang di atas wilayah Republik Rakyat China (RRC).

Jadi, ternyata kelima U-2 Black Cats tidak semuanya ditembak jatuh dalam satu pertempuran.

Di antara pilot pertama ROCAF yang menerbangkan U-2 dalam misi Razor adalah Mike Hua:

“Cerita yang disamarkan adalah bahwa ROC (angkatan udara) telah membeli pesawat itu, yang memiliki lambang nasional (Taiwan). Untuk menghindari kebingungan dengan organisasi angkatan udara lain yang ditempatkan di Taoyuan, bagian itu menjadi Skuadron ke-35 dengan Black Cat sebagai lambangnya.”

“Misi-misi itu meliputi pedalaman daratan Tiongkok yang luas, di mana hampir tidak ada foto udara yang pernah diambil. Setiap misi membawa pulang peta foto udara selebar sekitar 100 mil dan panjang 2.000 mil, yang tidak hanya mengungkap lokasi pasti target, tetapi juga aktivitas di darat,” sambungnya.

Selain itu, Hua mencatat bahwa ada personel Amerika yang bekerja dengan pilot Black Cat di Taoyuan, membantu merawat pesawat dan memproses informasi, yang dikenal sebagai Detasemen H.

"Semua personel AS secara terang-terangan adalah karyawan Lockheed Aircraft Company,” katanya lagi.

Begitu Soviet menemukan cara untuk menembak jatuh U-2 dengan rudal permukaan-ke-udara (SAM) S-75 Dvina (nama pelaporan NATO: SA-2 "Guideline"), cukup mudah bagi Tiongkok untuk menemukan cara menirunya.

Dragon Lady bukanlah pesawat siluman dan karenanya tidak terlihat oleh radar, dan dengan kecepatan udara maksimum Mach 0,715 (412 kn; 470 mph; 760 km/jam), U-2 tidak cukup cepat untuk berlari lebih cepat dari rudal seperti pesawat mata-mata Skunk Works terkenal lainnya, SR-71 Blackbird, yang tetap menjadi pesawat bernapas udara tercepat yang pernah dibuat (Mach 3+).

Terlebih lagi, kru SAM SA-2 China mungkin telah dibantu oleh seorang pengkhianat dalam jajaran ROCAF. Salah seorang pilot U-2, Wang Xijue alias Wang Hsi-chueh, diduga kuat telah menyampaikan rute penerbangan rekan-rekannya kepada musuh.

Pada tahun 1986, ia secara kebetulan dan mudah membelot ke RRC melalui China Airlines Penerbangan 334, sebuah pesawat kargo Boeing 747-2R7F/SCD, dengan mengklaim bahwa ia telah "pulang ke rumah."

Di mana mereka sekarang?

Setidaknya satu dari U-2 yang jatuh, U-2C 56-6691 (alias N.358, yang diterbangkan oleh Mayor Chang Liyi), dipajang sebagai piala perang yang direbut di museum RRC, yaitu Museum Militer Revolusi Rakyat Tiongkok di Haidan, Beijing.

Dragon Ladies terakhir dari Angkatan Udara Taiwan dikembalikan ke Angkatan Udara AS pada tanggal 29 Juli 1974, terbang dari Pangkalan Udara Taoyuan ke Pangkalan Angkatan Udara Edwards, California.

Mengenai pilot Black Cat yang selamat itu sendiri, reporter CNN tidak memberi tahu tentang keberadaan Mike Hua saat ini.


Ini 5 Pesawat Mata-mata Canggih di Era Perang Dingin

Sebelumnya

Tiga Bom Nuklir AS Masih Hilang, Belum Ditemukan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Histoire