post image
Comac C919
KOMENTAR

Maskapai kargo dan carteran kecil asal Brasil, Total Linhas Aereas, mungkin tengah mengantre untuk memesan Comac C919 buatan China yang merupakan pesaing Airbus A320neo dan Boeing 737 Max.

Menurut laporan Reuters, Total Linhas Aereas telah berunding dengan Commercial Aircraft Corporation of China (Comac) tentang pesanan empat pesawat C919.

Salah satu eksekutif maskapai akan mengunjungi pembuat pesawat China tersebut pada bulan Oktober untuk memajukan pembicaraan, tambah laporan itu, dengan mencatat bahwa Silvio Costa Filho, Menteri Pelabuhan dan Bandara Brasil, mengatakan bahwa pemerintah mengetahui rencana maskapai tersebut tetapi Total Linhas Aereas belum memiliki rencana resmi saat ini.

Maskapai penerbangan itu mengatakan kepada Reuters bahwa mereka terpaksa mencari alternatif karena Airbus dan Boeing telah menjual habis slot pengiriman A320neo dan 737 MAX mereka hingga dekade berikutnya, sementara Embraer tidak menawarkan jenis pesawat yang cukup besar untuk maskapai tersebut.

Saat ini, Total Linhas Aereas memiliki delapan pesawat dalam armadanya, yaitu satu ATR 42-500, tiga Boeing 727 yang dikonversi menjadi pesawat kargo, dan empat 737-400 yang dikonversi menjadi pesawat kargo, dengan usia rata-rata 29,4 tahun.

Data ch-aviation menunjukkan bahwa pesawat 727 memiliki usia rata-rata 46,3 tahun. Sementara itu, ATR 42-500, yang terdaftar sebagai PR-TTK, dioperasikan atas nama Petrobras, perusahaan minyak milik negara, menurut catatan armada situs tersebut.

Satu-satunya pesanan pasti yang telah dilakukan untuk C919 berasal dari maskapai penerbangan Tiongkok dan perusahaan penyewaan pesawat di negara tersebut.

Catatan armada Ch-aviation menunjukkan bahwa backlog COMAC mencakup 680 pesawat, dengan produsen pesawat Tiongkok tersebut telah mengirimkan 15 pesawat, termasuk enam pesawat uji yang digunakan oleh COMAC.

Operator maskapai yang sudah memiliki C919 termasuk China Eastern Airlines (tujuh), Air China (satu), dan China Southern Airlines (satu).

Pada tanggal 29 April, China Southern Airlines mengatakan bahwa mereka telah menandatangani perjanjian dengan COMAC untuk membeli 100 C919, menjadi maskapai terakhir dari tiga maskapai besar China yang memesan 100 unit pesawat buatan China tersebut.

Ketiga maskapai tersebut masing-masing memiliki 98, 104, dan empat C919 dalam daftar pesanan mereka, dengan 474 pesawat sisanya saat ini tidak ditugaskan ke maskapai mana pun. Namun, data ch-aviation mungkin tidak memperhitungkan perjanjian China Southern Airlines.

Maskapai penerbangan rintisan yang berbasis di Brunei, GallopAir, juga telah memesan C919, serta jet COMAC lainnya, ARJ21. Secara total, maskapai tersebut membeli 30 pesawat dari COMAC, yang dibagi antara 15 ARJ21 dan 15 C919. Maskapai penerbangan tersebut akan mulai beroperasi pada akhir tahun dengan ARJ21.

China Eastern Airlines menerima pengiriman C919 pertamanya pada Desember 2022, dan mulai beroperasi pada Mei 2023.

Sejak saat itu, maskapai penerbangan tersebut telah menerima pengiriman enam C919 lagi, dengan pengiriman terakhir pada 29 Juli. Namun, data jadwal dari perusahaan analisis penerbangan Cirium menunjukkan bahwa maskapai penerbangan Tiongkok memiliki jadwal penerbangan yang berfluktuasi yang dioperasikan oleh jenis tersebut.

Misalnya, pada bulan April, tepat sebelum China Eastern Airlines menerima pengiriman C919 keenamnya, maskapai penerbangan tersebut telah menjadwalkan 94 keberangkatan mingguan dengan jenis tersebut, yang sama seperti pada bulan Maret. Namun pada bulan Mei, maskapai penerbangan tersebut memiliki 80 keberangkatan mingguan dengan C919.

Selama dua bulan berikutnya, China Eastern Airlines menjadwalkan 104 dan 126 keberangkatan mingguan dengan jenis tersebut, dan mengakhiri musim panas dengan 154 penerbangan mingguan pada bulan Agustus.

Pada bulan September, China Eastern Airlines telah mengurangi jumlah rencana perjalanan mingguan dengan C919 menjadi 146, dengan China Airlines sekarang menjadwalkan 22 keberangkatan mingguan selama bulan tersebut.

Pada bulan Oktober, China Airlines dan China Southern Airlines telah merencanakan 28 keberangkatan mingguan dengan jenis tersebut masing-masing, sementara China Eastern Airlines akan mengoperasikan 154 penerbangan mingguan dengan jet buatan dalam negeri tersebut.


KOMENTAR ANDA