post image
Foto: Simple Flying
KOMENTAR

Angkatan Udara Amerika Serikat telah memensiunkan pesawat tanker dan pesawat kargo terakhir McDonnell Douglas KC-10 Extender. KC-10 Extender adalah versi militer dari pesawat penumpang tiga mesin McDonnell Douglas DC-10 yang ikonik dan dikembangkan untuk melengkapi sejumlah KC-135 Stratotanker.

KC-10 Extender kini telah menuntaskan 42 tahun masa tugasnya dan akan segera dipensiunkan di tempat pembuangan sampah terkenal di Pangkalan Angkatan Udara Davis-Monthan.

Pangkalan Angkatan Udara Travis mengadakan tur keliling terakhir untuk KC-10 pada tanggal 25 September 2024. Upacara perpisahan terakhir diadakan di Hanggar 46 di Pangkalan Angkatan Udara Travis di California.

Setelah pidato resmi, KC-10 terakhir lepas landas untuk disimpan di tempat penyimpanan di Pangkalan Angkatan Udara Davis-Monthan di Arizona. Karena pesawat terakhir ini disimpan, ada kemungkinan pesawat tersebut akan dikembalikan ke layanan jika Angkatan Udara membutuhkannya sebelum rusak dan akhirnya dibesituakan.

Pangkalan Angkatan Udara Travis memposting di X, "Hari ini adalah hari yang pahit manis saat kami mengucapkan selamat tinggal kepada KC-10A Extender terakhir yang menuju tempat penyimpanan. TERIMA KASIH ATAS PENGABDIAN ANDA, Big Sexy [nama tidak resmi untuk pesawat tersebut]." Armada baru tanker KC-46 Pegasus Angkatan Udara menggantikan tanker lama ini.

Sebelumnya, KC-10 terakhir telah dinonaktifkan selama upacara yang diadakan pada 4 Oktober 2023. Upacara tersebut tahun lalu diadakan di Pangkalan Udara Prince Sultan di Arab Saudi. Karena KC-10 terakhir dinonaktifkan tahun lalu, Angkatan Udara menulis, "Peristiwa itu menandai berakhirnya era dalam penerbangan militer dan menyoroti perubahan lanskap kekuatan udara di abad ke-21."

Selama upacara tahun 2023, Mayor Angkatan Udara Joseph Rush, komandan EARS ke-908 menyatakan, "Ini merupakan pengerahan yang pahit sekaligus manis. KC-10 akan terus terbang tahun depan hingga semua ekornya pensiun dan awaknya telah dilatih silang menjadi KC-46." Dan sekarang hal itu telah terjadi.

Pekerja keras yang tangguh

KC-10 Extender trijet telah menjadi "pekerja keras yang tangguh" bagi Angkatan Udara AS selama beberapa dekade, membantu Angkatan Udara memproyeksikan kekuatan di seluruh dunia. Angkatan Udara AS membanggakan lebih dari setengah (500-600) tanker pengisian bahan bakar udara besar di dunia. Sebuah tanker dapat memperpanjang waktu terbang jet tempur 2 jam tanpa pengisian bahan bakar menjadi misi tempur 8 jam.

KC-10 Extender tidak hanya membawa bahan bakar (peran utamanya adalah pengisian bahan bakar udara), tetapi juga membawa kargo dan penumpang. KC-10 Extender termasuk di antara pesawat tanker udara terbaik di dunia.


Siluman B-2 Spirit Hancurkan Bunker Houthi

Sebelumnya

Korut Kecam Penerbangan Drone Propaganda Korsel di Pyongyang

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Military