post image
KOMENTAR

Empat video yang dishare akun X Kyiv Post tampaknya menunjukkan apa yang diklaim sebagai serangan Israel di atau dekat Pangkalan Udara Hmeimim Rusia di Suriah.

Serangan tersebut tampaknya menargetkan pengiriman Iran di sana. Jika benar, itu kemungkinan akan menjadi peristiwa besar dalam perang yang meningkat antara Israel dan Iran dengan proksi sekutunya, termasuk kelompok Houthi, Hizbullah, dan Hamas.

Hmeimim terletak di wilayah pesisir Suriah di Latakia dan menjadi tuan rumah garnisun Angkatan Udara Rusia yang permanen. Serangan itu tampaknya merupakan pembalasan atas serangan Iran terhadap Israel yang menargetkan pangkalan udaranya yang menampung jet tempur F-35 yang berharga.

Video daring tampaknya menunjukkan Israel menyerang (atau menyerang di dekat) Pangkalan Udara Hmeimim Rusia di Suriah. Pertahanan udara Suriah dan Rusia aktif, tetapi target terlihat diserang berulang kali dengan ledakan sekunder yang besar. Sasarannya diduga adalah amunisi Iran yang menggunakan (persepsi) keamanan pangkalan Rusia saat diangkut ke proksi Iran, Hizbullah.

Serangan itu dilaporkan terjadi tak lama setelah pesawat yang membawa amunisi dari Iran mendarat di pangkalan itu. Politisi Israel sebelumnya menuduh Rusia membantu Hamas.

Kyiv Post melaporkan bahwa serangan itu berlangsung selama 45 menit, dengan Israel menembakkan 30 rudal. Israel diduga menggunakan angkatan laut dan udaranya dalam serangan itu.

Defense Mirror melaporkan serangan itu terjadi di dekat pangkalan udara Rusia, yang menyiratkan bahwa serangan itu tidak terjadi di sana tetapi di kota Jableh di Suriah. Intelijen sumber terbuka menemukan lokasi geografis rekaman itu dan menunjukkan arah pangkalan udara itu.

Pada saat artikel ini ditulis, hanya sedikit yang dapat diverifikasi, dan tidak jelas apakah ada pesawat Rusia yang hancur atau apa tanggapan Rusia (jika ada). Ini adalah berita terkini; informasi lebih lanjut diperlukan untuk menarik kesimpulan yang pasti.

Serangan rudal Iran pada 1 Oktober terhadap Israel

Pada 1 Oktober, Iran melancarkan serangan rudal besar-besaran (dilaporkan 180 rudal) terhadap Israel sebagai balasan atas pembunuhan Israel terhadap pemimpin kelompok Hizbullah, Hassan Nasrallah, serta secara signifikan melemahkan kelompok tersebut dalam serangkaian serangan yang luar biasa - termasuk dengan pager yang dipasangi bom.

Serangan rudal Iran menargetkan markas besar Mossad Israel dan dua pangkalan udara - Pangkalan Angkatan Udara Nevetim dan Pangkalan Udara Tel Nof. Video yang diunggah ke media sosial tampaknya menunjukkan Nevetim diserang beberapa kali oleh rudal Iran. Karena Israel tahu serangan itu akan terjadi, kemungkinan besar sebagian besar jet tempurnya sedang mengudara pada saat terjadi benturan.

Saat ini, citra satelit yang diambil dari bagian utara pangkalan udara tersebut tampaknya menunjukkan empat benturan. Tiga tampaknya menyebabkan sedikit atau tidak ada kerusakan, sementara yang lain menghancurkan hanggar. Tidak jelas apakah ada pesawat di hanggar saat terjadi benturan. Israel adalah negara pertama yang menggunakan jet tempur F-35 dalam pertempuran.


Siluman B-2 Spirit Hancurkan Bunker Houthi

Sebelumnya

Korut Kecam Penerbangan Drone Propaganda Korsel di Pyongyang

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Military