post image
Foto: FAA
KOMENTAR

Negara Bagian Florida dalam keadaan siaga tinggi saat Badai Milton dengan cepat menguat menjadi badai Kategori 5 pada hari Senin. Dari Tampa ke Orlando dan West Palm Beach ke Miami, bandara-bandara utama negara bagian memantau badai tersebut dengan saksama.

Model prakiraan cuaca memperkirakan bahwa Milton dapat mendarat langsung di Teluk Tampa. Karena tingkat keparahannya, para pejabat dilaporkan mengatakan persiapan dilakukan jauh lebih serius daripada saat Badai Helene, yang berdampak pada wilayah tersebut akhir bulan lalu.

Simple Flying melaporkan pada hari Minggu bahwa Allegiant Air membatalkan semua penerbangan di Bandara Internasional St. Pete–Clearwater (PIE) untuk hari Rabu dan Kamis. Namun, bandara mengumumkan pada hari Senin bahwa bandara akan ditutup setelah penerbangan terakhir berangkat pada hari Selasa.

Bandara Internasional Tampa (TPA) juga akan menangguhkan operasi pada hari Selasa pukul 09:00, membuat penerbangan menit terakhir pada hari Senin semakin mahal.

Menurut Tampa Bay Times, tiket penerbangan Delta Air Lines dari TPA ke Bandara Internasional Hartsfield–Jackson Atlanta (ATL) terjual habis sekitar pukul 10.30, sementara tiket penerbangan pulang pergi terakhir ke Bandara Nasional Ronald Reagan Washington (DCA) dijual dengan harga sekitar $800. Harga tiket penerbangan lain ke ATL dilaporkan berkisar antara $641 hingga lebih dari $2.400 karena kursi sudah penuh. Lima penerbangan dijadwalkan beroperasi di TPA pada hari Selasa sebelum penutupan, menurut FlightAware.

Penerbangan pertama dioperasikan oleh Frontier Airlines sebagai FFT9861. Penerbangan ini dijadwalkan berangkat dari TPA pukul 02.00 dan tiba di ATL sekitar pukul 03.30. Penerbangan Delta 1545 akan berangkat pukul 05.20 dan tiba sekitar pukul 06.45.

Maskapai ini juga meningkatkan peralatan pada DAL1486 menjadi Boeing 767-300ER untuk menampung lebih banyak penumpang. Penerbangan tersebut dijadwalkan berangkat dari TPA pukul 06:25 dan tiba di ATL pukul 07:55. Pukul 06:55, penerbangan Southwest Airlines 833 akan berangkat, dengan jadwal kedatangan di ATL pukul 08:30. Penerbangan terakhir ke ATL adalah DAL1449, yang akan berangkat dari TPA pukul 07:50 dan mendarat pukul 09:20.

"Para pelancong didesak untuk memperhatikan nasihat manajemen darurat dan memperhatikan peringatan keselamatan publik," kata pejabat TPA pada hari Senin.

"Gelombang badai yang dahsyat"

Para kru memanfaatkan ketenangan sebelum badai untuk bersiap. Menurut Tampa Bay Times, 58 jembatan jet akan dirantai ke tanah, dan semua pesawat harus dievakuasi dari lapangan terbang. Terminal utama dan sisi udara tidak akan dibuka untuk penggunaan umum dan tidak dilengkapi untuk melindungi orang atau kendaraan.

“Saat ini, Milton diperkirakan akan membawa badai dahsyat, angin kencang, dan hujan lebat ke Tampa Bay dan seluruh Gulf Coast Florida,” lanjut bandara tersebut.

Mobil yang diparkir di lantai bawah garasi ekonomi telah diderek ke tempat yang lebih tinggi. Ditambah lagi, sekitar 1.000 kendaraan di pusat penyewaan mobil bandara sedang dipindahkan ke tempat parkir lain. John Tiliacos, Wakil Presiden Eksekutif Operasional TPA, mengatakan kepada Tampa Bay Times, bahwa jika jalur Milton yang diharapkan tetap sama, sepertiga landasan pacu barat bandara dan beberapa tempat parkir bisa terendam air setelah badai berlalu.

Status bandara lainnya

Otoritas Penerbangan Hillsborough County juga akan menutup Bandara Peter O. Knight (TPF), Bandara Eksekutif Tampa (VDF), dan Bandara Plant City (PCM) di dekatnya pada hari Selasa, menurut CBS 12 News.

Bandara Internasional Miami (MIA), Bandara Internasional Fort Lauderdale–Hollywood (FLL), dan Bandara Palm Beach (PBI) diperkirakan akan tetap buka kecuali ditentukan lain. Bandara Internasional Orlando (MCO) bertemu dengan pejabat setempat untuk menentukan apakah penutupan perlu dilakukan.


Bandara Changi di Singapura Bukan Lagi yang Terbaik di Dunia

Sebelumnya

Pembangunan Dua Bandara Sarat Korupsi, Panel Investigasi DPR Belum Sampaikan Laporan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Airport