post image
Foto: Simple Flying
KOMENTAR

Maskapai penerbangan nasional Iran telah menangguhkan penerbangan ke Eropa menyusul penerapan sanksi tambahan oleh Uni Eropa. Penumpang yang terbang dengan Iran Air diberitahu melalui pesan teks SMS bahwa penerbangan telah ditangguhkan karena kekhawatiran maskapai bahwa maskapai tersebut tidak akan dapat mendarat dan berangkat dari bandara Eropa.

Berita tersebut muncul setelah Uni Eropa menjatuhkan sanksi baru kepada tujuh orang dan tujuh organisasi, termasuk maskapai Iran, Iran Air, Saha Airlines, dan Mahan Air. Dari ketiga maskapai tersebut, hanya Iran Air yang terbang ke tujuan di Eropa.

Sanksi terbaru tersebut, seperti dikutip dari Simple Flying, merupakan tanggapan atas laporan bahwa Iran memasok rudal balistik ke Rusia untuk digunakan melawan Ukraina, klaim yang berulang kali dibantah oleh Teheran.

Menurut dokumentasi sanksi resmi Uni Eropa, tindakan tersebut dimaksudkan untuk menghukum maskapai penerbangan, yang dianggap bertanggung jawab atas pemindahan tersebut, dan bukan untuk menghalangi perjalanan sipil:

"Oleh karena itu, sudah sepantasnya untuk menetapkan tiga maskapai penerbangan Iran yang telah berulang kali mentransfer UAV buatan Iran dan teknologi terkait ke Rusia, yang telah digunakan dalam perang agresi Rusia terhadap Ukraina.

"Penetapan tersebut ditujukan dan bertujuan untuk menghalangi kebijakan dan aktivitas Iran tertentu. Uni tidak bermaksud menghalangi lalu lintas udara atau kontak antarmasyarakat antara Uni dan Iran secara umum."

Inggris, yang tidak lagi menjadi anggota Uni Eropa, juga memberlakukan sanksi tambahan terhadap warga dan organisasi Iran minggu ini.

Apa yang terpengaruh?

Penerbangan Iran Air ke sebelas tujuan Eropa yang dilayaninya telah dibatalkan. Jafar Yazarlu, juru bicara Organisasi Penerbangan Sipil Iran, mengatakan kepada Kantor Berita Republik Islam (IRNA), kantor berita resmi Republik Islam Iran, bahwa Iran Air menghentikan penerbangan ke Eropa karena tidak lagi dapat menerima izin untuk mendarat di bandara Eropa dan untuk mencegah gangguan penumpang.

Menurut data penjadwalan dari Cirium, Iran Air melayani tujuan berikut di Eropa dari hub-nya di Bandara Internasional Imam Khomeini (IKA) Teheran:

London Heathrow (LHR)
Milan Malpensa (MXP)
Paris Charles de Gaulle (CDG)
Hamburg (HAM)
Frankfurt (FRA)
Cologne (CGN)
Vienna (VIE)
Roma (FCO)

Menurut Euronews, beberapa penumpang melaporkan menerima pesan teks yang memberi tahu mereka tentang pembatalan penerbangan dan mengindikasikan pembatalan tersebut disebabkan oleh sanksi baru.

Sejak saat itu, penumpang melaporkan terlantar di beberapa negara asing. Penerbangan ke dan dari Teheran masih terbatas, karena maskapai penerbangan di seluruh dunia telah menangguhkan penerbangan ke dan dari ibu kota Iran.

Kementerian luar negeri Iran memanggil duta besar Hongaria hari ini untuk memprotes sanksi baru Uni Eropa terhadap Teheran. Budapest, ibu kota Hongaria, saat ini menjadi tuan rumah presidensi bergilir Uni Eropa.


Mulai 1 November Garuda Terbang dari Halim Perdanakusuma ke Surabaya, Medan, dan Padang, Cek Waktu dan Harga Tiket

Sebelumnya

Lion Group dan LeMondial Business School Jalin Kerjasama Strategis Pengembangan SDM Profesional

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel AviaNews