post image
Foto: Simple Flying
KOMENTAR

Otoritas penerbangan Argentina telah menghapus batasan usia pilot komersial di negara itu, yang memungkinkan mereka terbang lebih lama tanpa dipaksa pensiun. Sebelumnya, batas usia pilot tunggal ditetapkan pada usia 60 tahun, sedangkan batas pilot ganda ditetapkan pada usia 65 tahun.

Langkah Argentina ini dapat diikuti oleh negara-negara lain dalam beberapa tahun mendatang karena upaya internasional untuk menaikkan usia pensiun wajib pilot terus berlanjut.

Awal minggu ini, Administrasi Penerbangan Sipil Nasional Argentina (ANAC) mengumumkan Resolusi 516/2024, yang mengubah Peraturan Penerbangan Sipil Argentina (RAAC) untuk menghapus batasan usia pilot komersial.

Seperti yang dijelaskan oleh ANAC, perubahan tersebut akan "menambah batas usia pemegang lisensi pilot untuk menjalankan kewenangannya dalam operasi transportasi udara komersial pada penerbangan nasional dan internasional." Regulator menambahkan bahwa keputusannya didasarkan pada peningkatan teknologi medis dan permintaan dari maskapai penerbangan dan pemangku kepentingan industri lainnya, dengan menyatakan,

"Dengan kemajuan dalam bidang kedokteran secara umum, dan kebutuhan untuk memiliki pilot guna memenuhi permintaan pasar aeronautika yang terus meningkat, perlu untuk mengevaluasi ulang batas usia pemegang lisensi pilot untuk menjalankan fungsinya."

Tentu saja, akan tetap ada persyaratan ketat untuk mempertahankan lisensi pilot, termasuk lulus evaluasi medis dan maskapai penerbangan. Argentina menerapkan pembatasan usia mulai tahun 2010 sesuai dengan rekomendasi dari Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO), yang menyarankan batas usia atas 60 tahun untuk pilot tunggal dan 65 tahun untuk pilot dalam operasi komersial dengan banyak awak.

Haruskah ada batasan usia pilot?

Hampir semua regulator penerbangan menetapkan batas usia maksimum pilot komersial berdasarkan rekomendasi ICAO. Misalnya, Federal Aviation Administration (FAA) mewajibkan pensiun wajib pilot Bagian 121 pada usia 65 tahun, meskipun mereka dapat terus terbang untuk maskapai penerbangan yang bukan maskapai Bagian 121. Namun, ada seruan yang meluas untuk menaikkan usia pensiun, terutama mengingat kekurangan pilot dan kemajuan medis.

Misalnya, pada Konferensi Navigasi Udara ICAO musim panas ini, salah satu agendanya adalah gagasan untuk menaikkan usia pensiun pilot global. Di AS, pembicaraan masih berlangsung - pada bulan Februari, Kongres menolak usulan untuk menaikkan usia pensiun dari 65 menjadi 67 (dengan persetujuan FAA juga), tetapi upaya untuk mendorong perubahan terus berlanjut.

Baru-baru ini, sekelompok senator AS mendesak pemerintah untuk mendukung upaya internasional yang sedang berlangsung untuk meningkatkan usia pensiun pilot, dengan menyatakan bahwa "masyarakat Amerika layak mendapatkan pilot yang paling berkualifikasi dan berpengalaman saat bepergian."

Pertanyaannya rumit—meskipun benar bahwa kekuatan kognitif kita mungkin tidak seperti dulu lagi setelah kita mencapai pertengahan 60-an, masih ada pilot yang sangat cakap dan andal di usia ini. Ditambah lagi dengan kekurangan pilot industri yang sedang berlangsung dan fakta bahwa operasi pilot komersial jauh lebih otomatis daripada sebelumnya, dan mudah untuk melihat mengapa banyak orang di industri ini mendorong agar batasan usia dinaikkan.


Lion Group Buka Peluang untuk Mechanic License

Sebelumnya

Pilot Marah, Kopilot Dikunci di Luar Kokpit

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Air Crew