Bandara Internasional Gwadar Baru di Pakistan yang telah selesai dibangun dengan mengandalkan hibah dari Tiongkok sedang jadi bahan olok-olokan di kalangan masyarakat negara itu.
Pasalnya, pemerintah Pakistan tidak memiliki rencana komersial untuk mengoperasikan Bandara Internasional Gwadar Baru. Menurut regulator bandara, fasilitas tersebut tidak layak secara komersial sebelum Pelabuhan dan Zona Bebas Gwadar sepenuhnya dikembangkan.
Bandara Internasional Gwadar Baru dibangun dengan hibah Tiongkok sebesar 230 juta dolar AS sebagai pusat lalu lintas udara utama di bawah Koridor Ekonomi Tiongkok-Pakistan (CPEC).
Menteri Perencanaan Ahsan Iqbal mengecam keras Otoritas Penerbangan Sipil Pakistan (PCAA) dan Otoritas Bandara Pakistan (PAA) atas keterlambatan dalam mengembangkan rencana komersialisasi yang komprehensif, menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh kementerian perencanaan pada hari Kamis.
Pembukaan bandara secara bertahap dilakukan selama kunjungan Perdana Menteri Tiongkok ke Pakistan bulan Oktober lalu tanpa terlebih dahulu memastikan kelayakan komersialnya. Iqbal mengecam regulator karena gagal mengembangkan rencana bisnis meskipun telah berulang kali diinstruksikan selama dua tahun terakhir.
Pejabat PAA memberi tahu Menteri Iqbal bahwa hingga Pelabuhan Gwadar dan Zona Bebas Gwadar sepenuhnya dikembangkan, bandara tersebut tidak dapat menjadi layak secara komersial.
Menteri tersebut berpendapat bahwa pihak berwenang harus menjadikan Gwadar sebagai pusat wisata dan memposisikan bandara Gwadar sebagai pusat regional—tujuan yang masih belum dapat dicapai dalam lingkungan keamanan dan politik yang tidak stabil di Pakistan saat ini.
Iqbal menekankan bahwa jika maskapai penerbangan tidak tertarik dalam waktu enam bulan setelah peresmian, peluang keberhasilan bandara akan berkurang secara signifikan, menurut kementerian perencanaan. Visi pemerintah adalah menjadikan bandara sebagai titik pusat untuk penerbangan jarak jauh.
Menteri perencanaan mengusulkan untuk menawarkan tarif yang menarik setidaknya selama lima tahun, dengan menyoroti pendaratan teknis sebagai strategi utama, dan menyarankan penyediaan layanan pendaratan gratis selama beberapa bulan. Namun, dalam pertemuan tersebut diberitahu bahwa bahkan maskapai penerbangan lokal tidak bersedia untuk memulai operasi, kecuali Pakistan International Airlines (PIA) yang sedang mengalami kesulitan keuangan.
Bandara tersebut memiliki landasan pacu sepanjang 3.648 meter, namun fasilitas penumpang yang penting, seperti gerai makanan, pembungkusan bagasi, tempat parkir mobil, lounge, dan transportasi, masih belum dikembangkan.
Direktur Jenderal Tambahan PAA, Wakil Marsekal Udara Zeeshan Saeed, memberi pengarahan pada rapat tersebut tentang evaluasi keselamatan dan pengaturan lapangan terbang, serta memastikan izin operasional pada bulan Desember.
"Menteri tersebut menyatakan kekecewaannya atas penundaan dua tahun dalam perencanaan komersialisasi dan mengarahkan PCAA untuk mempercepat upaya menarik maskapai penerbangan, mengembangkan fasilitas kargo udara, dan membangun kemitraan bisnis internasional," menurut kementerian perencanaan.
Rapat tersebut mengungkapkan bahwa Pakistan melakukan pembangunan bandara tanpa melakukan "analisis pasar," yang menimbulkan kekhawatiran bahwa Bandara Internasional Gwadar Baru dapat menjadi proyek sia-sia lainnya karena lalu lintas udara yang tidak memadai.
Tiongkok telah menyatakan frustrasi atas lambatnya pembangunan di Pelabuhan dan Zona Bebas Gwadar, karena Islamabad gagal menyediakan fasilitas yang dibutuhkan, sehingga melanggar komitmen sebelumnya.
Menteri perencanaan menyoroti potensi Gwadar untuk menjadi alternatif yang hemat biaya bagi Oman dan Dubai untuk pendaratan teknis, serta menginstruksikan pejabat untuk memposisikan bandara tersebut sebagaimana mestinya. Ia juga menekankan kebutuhan mendesak untuk membangun fasilitas kargo udara, mengarahkan PCAA untuk melibatkan perusahaan logistik global seperti DHL dan FedEx untuk memulai operasi dan memprioritaskan utilitas kargo.
Iqbal mengeluarkan tenggat waktu tiga minggu kepada pejabat PAA untuk menyajikan rencana komersialisasi yang komprehensif, lengkap dengan jadwal dan strategi yang jelas untuk keterlibatan pemangku kepentingan.
Ia menegaskan kembali pentingnya tindakan segera untuk membangun Bandara Internasional Gwadar Baru sebagai pusat strategis untuk konektivitas regional dan global, memastikan perannya dalam pembangunan ekonomi Gwadar dan ambisi pertumbuhan Pakistan yang lebih luas.
Pertemuan tersebut juga mengungkapkan bahwa fasilitas penting seperti penyimpanan dingin masih dalam tahap tender. Persetujuan telah diberikan untuk alokasi di blok administrasi kepada departemen pemerintah, PIA, Otoritas Perumahan Gwadar, dan pemangku kepentingan lainnya, tetapi layanan penumpang yang penting masih belum lengkap.
KOMENTAR ANDA